-->

Tutorial Cara Info Mudah

Blog yang memberikan tips, trik, cara, tutorial, info, dan lain-lain dengan cara mudah dan cepat.

3/12/2016

Cara Upgrade OS Android dengan Sangat Gampang

 Bagi para pengguna smartphone android pasti ingin mendapatkan versi android terbaru yang telah dikeluarkan oleh google. Hal ini didasarkan oleh keinginan pengguna android agar bisa mendapatkan fitur terbaru, peforma yang lebih maksimal, dan perbaikan bug pada ponsel mereka.

Upgrade Android
Upgrade Android


 Tentu untuk masalah upgrade vendor-vendor android selama ini telah memberikan yang terbaik bagi usernya. Tetapi hal ini kurang berlaku pada ponsel low end, terkadang hanya smartphone high end saja yang sering mendapatkan update. Walaupun begitu tidak semua vendor berbuat seperti itu, beberapa vendor tetap memperhatikan update bagi produk smartphone low endnya.

 Oke, disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara upgrade android anda dengan cara sangat mudah. Dengan cara ini anda bisa melakukan upgrade dengan versi ROM terbaru untuk ponsel anda yang telah dibuat oleh vendor yang memprodukasi ponsel kalian dengan cara on the air (OTA) yaitu langsung melalui ponsel anda. Berikut ini caranya:

Cara Upgrade Android via OTA

Cara Upgrade Android via OTA
Ilustrasi 1


 Syarat:

  1. Pastikan baterai smartphone anda dalam keadaan terisi penuh.
    Hal ini untuk menghindari jika ketika anda melakukan upgrade smartphone anda tidak kehabisan baterai, Bisa juga anda mengupgrade sambil di charge.
  2. Jaringan internet kalian stabil dan cepat.
    Untuk hal satu ini saya sangat sarankan anda untuk menggunakan wifi. Jika tidak ada bisa memakai wifi orang wkwkwkwk. Tetapi jangan pakai wifi umum yang lemot. Sebenarnya bisa dengan paket data, namum sayang kuota karena update versi android biasanya sangat memakan kuota.
  3. Mempunyai ruang kosong pada memori hp yang lumayan
    Karena biasanya ukurannya tidak kecil jadi usahakan ruang kosong pada memori masih banyak. Amannya adalah dikisaran 500MB+.
Jika syarat yang anda butuhkan telah lengkap silahkan mengikuti tutorial dibawah ini:
  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Lalu masuk lagi ke tentang perangkat. 
  3. Dan pilih perbarui perangkat lunak, lalu klik perbarui.
  4. Jika terdapat update maka akan mendownload file dari server terlebih dahulu lalu akan terinstall secara otomatis.
Selain dengan cara OTA ada beberapa cara lagi yang biasanya saya lakukan untuk mengupgrade versi android pada smartphone saya. Berikut ini cara yang biasanya saya lakukan untuk mendapatkan versi android terbaru:

Cara Upgrade Android dengan Custom ROM
Ilusrasi Custom ROM


  1. Mencari firmware android kita di web official vendor.
    Saya biasanya mencari firmware yang telah mendapat upgrade android terbaru. Biasanya jika dengan OTA itu hanya mengecek firmware dari asal firmware yang kita pakai. Tetapi bagaimana kalau sebenarnya di firmware negara lain sudah ada versi android terbaru? Nah untuk itu kita bisa mengeceknya. Contoh web vendor samsung yaitu sammobile.com
  2. Mencari Custom ROM untuk ponsel kita.
    Jika saya tidak menemukan official firmware yang dikeluarkan vendor saya pun mencoba mencari custom romnya siapa tau saja ada custom ROM yang versi androidya sudah lebih tinggi. Biasanya saya cari di google, atau forum xda-developers.com.
    Lihat contoh beberapa custom ROM yang saya share di blog ini:
    Cyanogen 12 Galaxy Fame
    - Cyanogen 12 Galaxy Grand 2
Nah itu dia tutorial kali ini yang bisa saya share. Jika menurut kalian masih ada yang membingungkan bisa bertanaya kepada saya dengan cara menuliskan pertanyaan pada kotak komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Author Profile

By Fikri Syahfalaq

1 Response to Cara Upgrade OS Android dengan Sangat Gampang

  1. Hp saya a7 2016 cara versi jadi oreo gimana ya, mohon bqntuannya kaka

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar

Back To Top